Minggu, 20 Januari 2008

Etanol, Bahan Bakar Masa Depan

"Ethyl alcohol will be 'the fuel of the future'. The fuel of the future is going to come from fruit like that sumach out by the road, or from apples, weeds, sawdust-almost anything.... There is fuel in every bit of vegetables matter that can be fermented. There's enough alcohol in one year's yield of an acre of potatoes to drive the machinery necessary to cultivate the fields for a hundred years."
- Henry Ford, 1825

Penggunaan alkohol sebagai bahan bakar mobil sebenarnya telah lama dikenal. Pada tahun 1880-an Henry Ford membuat mobil quadricycle dan menyusul pada tahun 1908 muncul mobil Ford dengan alkohol sebagai bahan bakarnya. Namun seperti halnya biodiesel yang terbuat dari minyak kacang tanah (Arachis hipogaea) yang diperagakan tahun 1898 oleh Rudolf Diesel, penggunaan biofuel kurang ditanggapi pada dekade lalu karena petrofuel yang murah dan melimpah. Namun kini, tampaknya kita harus meningkatkan fungsi fuel extender dari biofuel termasuk melalui penggunaan alkohol, karena kandungan petrofuel yang makin menyusut.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah Anda menjual bioethanol murni? Berapa kadarnya? Kami dari TeRuCI (Terios Rush Club Indonesia) berencana mensosialisasikan penggunaan bioethanol di mobil2 milik para member. Namun kami masih kesulitan mencari suplainya, baik dalam bentuk kemasan maupun curah.

Terima kasih, ciput|teruci-0003|kumendan|021 910 587 34

Moh. Tohir, ST. mengatakan...

apa anda terima biji jarak, sbg bahn baku bio ethanol? tempat kami (di desa) tahun 2008-an, ramai2 tanam jarak pagar, sekarang sudah banyak buah tp tidak ada yang membeli, akhirnya sekarang banyak ditebang utk kayu bakar. mohon info yang menerima/mau beli buah jarak..terima kasih. madtoing 0254-209232/081328576457